Beranda Renungan Renungan Mingguan 14 Juni 2020 – Hari Raya Tubuh & Darah Kristus

Renungan Mingguan 14 Juni 2020 – Hari Raya Tubuh & Darah Kristus

755
0

Sabda Tuhan Hari Ini 14 Juni 2020, Yoh 6:51-58

Tubuh-Ku benar-benar makanan, Darah-Ku benar-benar minuman.

Di rumah ibadat di Kapernaum Yesus berkata kepada orang banyak, “Akulah roti hidup yang telah turun dari surga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya. Dan roti yang Kuberikan ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.”

Orang-orang Yahudi bertengkar antar mereka sendiri dan berkata, “Bagaimana Yesus ini dapat memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan!”

Maka kata Yesus kepada mereka, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya, jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal, dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.

Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan, dan darah-Ku adalah benar-benar minuman. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia.

Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku, dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa memakan Aku, ia akan hidup oleh Aku. Akulah roti yang telah turun dari surga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya.”

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan

Di dalam perikop ini, Penginjil Yohanes mengungkapkan dan memberikan kesaksian bahwa Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Roti Hidup. Yesus adalah sungguh-sungguh Roti Hidup.

Roti yang tidak hanya memberikan kehidupan selama di dunia ini, tetapi juga menjadi jaminan akan kehidupan di akhirat nanti; yang tidak hanya sebatas memenuhi kelaparan raga, tetapi juga memenuhi kebutuhan jiwa; yang tidak didapatkan dengan uang, tetapi yang diperoleh dengan cuma-cuma; yang tidak hanya dimakan oleh kalangan tertentu saja, tetapi yang dapat dimakan oleh semua kalangan.

Apakah masih ada Roti Hidup itu? Apakah Roti Hidup itu bisa diperoleh sekarang? Ya! Roti Hidup itu masih ada dan bisa diperoleh sekarang dan selama-lamanya. Roti Hidup itu adalah sungguh-sungguh Tubuh Tuhan sendiri. Setiap kali kita merayakan Ekaristi, di sanalah kita menyambut dan menyantap Roti Hidup itu.

Ambil bagian dalam Ekaristi berarti kita mengenyangkan tubuh jasmani dan rohani kita dengan santapan dari Tuhan sendiri. Kesiapan hati untuk menerima tubuh Tuhan, Sang Roti Hidup, sangatlah penting bagi kita, umat kristiani.  Anak-anak hendaknya dibiasakan mengikuti Ekaristi dan sejak dini tidak membiarkan mereka makan minum selama perayaan.

Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Roti Hidup yang telah turun dari surga. Gerakkanlah hati kami dengan Roh-Mu agar kami selalu merindukan Roti yang menghidupkan itu. Amin.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2020, OBOR Indonesia

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here