Beranda Berita Terbaru Renungan Mingguan 13 Desember 2020 – Hari Minggu Adven 3

Renungan Mingguan 13 Desember 2020 – Hari Minggu Adven 3

599
0

Sabda Tuhan Hari Ini 13 Desember 2020, Yoh 1:6-8.19-28

Di tengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal.

Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes. ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya. Yohanes sendiri bukan terang itu, tetapi ia harus memberi kesaksian tentang terang itu.

Dan inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus kepadanya beberapa imam dan orang-orang Lewi untuk menanyakan kepadanya, “Siapakah engkau?” Yohanes mengaku dan tidak berdusta, katanya, “Aku bukan Mesias!” Lalu mereka bertanya kepadanya, “Kalau begitu, siapakah engkau? Elia?” Yohanes menjawab, “Bukan!” “Engkaukah nabi yang akan datang?” Ia pun menjawab: “Bukan!”

Maka kata mereka  kepadanya, “Siapakah engkau? Sebab kami harus memberi jawab kepada mereka yang mengutus kami. Apakah katamu tentang dirimu sendiri?” Jawab Yohanes, “Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan, seperti yang telah dikatakan nabi Yesaya.”

Di antara orang-orang yang diutus itu ada beberapa orang Farisi. Mereka bertanya kepada Yohanes, “Mengapakah engkau membaptis, jikalau engkau bukan Mesias, bukan Elia, dan bukan nabi yang akan datang?” Yohanes menjawab kepada mereka, “Aku membaptis dengan air, tetapi di tengah-tengah kamu berdiri Dia yang tidak kamu kenal, yaitu Dia yang datang kemudian daripada aku. Membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak.”

Hal itu terjadi di Betania yang di seberang sungai Yordan, di mana Yohanes membaptis orang.

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan

“Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik…” (Yes. 61:1). Tugas perutusan Nabi Yesaya ialah membawa kabar sukacita kepada umat Allah yang akan kembali ke Yerusalem dari pembuangan.

Keputusasaan atau tidak mempunyai harapan, membuat bangsa Israel semakin terpuruk sehingga harus membutuhkan suatu pemulihan. Kabar sukacita yang dibawa oleh Nabi Yesaya menjadi sumber utama pemulihan bagi bangsa Israel, sehingga mereka menjadi bangsa yang diberkati dan hidup dalam kebenaran. Kini kabar sukacita tersebut terwujud dalam diri Yesus Kristus sebagaimana diwartakan Rasul Paulus kepada jemaat di Tesalonika.

Hari ini kita memasuki minggu Adven ketiga yang sering juga disebut sebagai minggu “gaudete” atau “sukacita”. Artinya, hari ini melambangkan adanya sukacita di tengah masa penantian karena kedatangan Tuhan akan segera tiba. Kesaksian Yohanes Pembaptis di hadapan orang banyak di Sungai Yordan semakin menegaskan bahwa dia bukan Mesias, tetapi Yesuslah Mesias yang ditunggu-tunggu.

Ia memberikan kesaksian dengan jujur dan rendah hati. Oleh karena itu, ia berkata: “Membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak.” Kejujuran Yohanes Pembaptis menginspirasi kita supaya budaya kejujuran terus dihidupkan, karena dewasa ini kita semakin terkikis oleh berita-berita bohong. Marilah kita menjalani masa Adven ini dengan  mengusahakan sikap jujur sehingga kita layak dan pantas menerima dan mengalami sukacita Natal.

Ya Allah, teguhkanlah iman kami supaya kami bertindak jujur dalam hidup. Amin.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2020, OBOR Indonesia

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here