Beranda Renungan Renungan Mingguan 1 November 2020 – Hari Raya Semua Orang Kudus

Renungan Mingguan 1 November 2020 – Hari Raya Semua Orang Kudus

584
0

Sabda Tuhan Hari Ini 1 November 2020, Mat 5:1-12a

Bersukacita dan bergembiralah, karena besarlah ganjaranmu di surga.

Sekali peristiwa ketika melihat banyak orang yang datang, Yesus mendaki lereng sebuah bukit. Setelah Ia duduk, datanglah murid-murid-Nya. Lalu Yesus pun mulai berbicara dan mengajar mereka, kata-Nya, “Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga. Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur. Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan. Berbahagialah orang yang murah hati, karena mereka akan beroleh kemurahan. Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah. Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah. Berbahagialah orang yang dianiaya demi kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga. Berbahagialah kamu, jika demi Aku kamu dicela dan dianiaya, dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat; bersukacita dan bergembiralah, karena besarlah ganjaranmu di surga.”

Demikianlah Injil Tuhan.

Renungan

Banyak orang berkata bahwa hidup itu tidak adil. Dunia menjunjung tinggi kesempurnaan fisik, kekayaan, popularitas, dan kedudukan.Setiap hari media sosial mencuci otak banyak orang bahwa seolah yang bahagia hanyalah mereka yang punya kategori-kategori itu. Maka tidak heran, kalau kita melihat kenyatan masyarakat di media sosial tampak yang kaya tambah kaya, sementara yang miskin tambah miskin. Dalam Sabda Bahagia yang diwartakan yesus, kita bisa menimba bahwa pada akhirnya kehadiran Allahlah yang berdaulat. Keadilan Allah memutarbalikan segala konsep palsu tentang kebahagiaan yang digembar-gemborkan oleh dunia.Apa yang dianggap oleh dunia sebagai orang marginal, kustru kepada merekalah Allah berpihak. Allah-lah pembela mereka yang tertindas dan tidak mempunyai penolong.

Setiap orang yang dibaptis menerima identitas baru sebagai anak-anak Allah, yang memang dipilih dan dipisahkan oleh Allah dari dunia ini, entah cara hidupnya, perjuangannya, kesaksian, hidupnya, sampai akhir hidupnya kelak. Inilah yang menjadi harapan iman setiap orang yang beriman kepada Kristus, Sang Anak Domba Allah. Dalam Kitab Wahyu digambarkan tata dunia baru di mana Allah akan meraja dan berdaulat di antara seluruh ciptaan.

Allah yang Mahakuasa, Engkau meraja atas alam semesta dan atas kami, anak-anak-Mu. Bukalah hati kami untuk melihat dan merasakan keagungan dan kebesaran kasih-Mu, Amin.

Sumber renungan: Ziarah Batin 2020, OBOR Indonesia

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here