Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik Hari Ini 13 Januari 2024 dan Injil

Renungan Harian Katolik Hari Ini 13 Januari 2024 dan Injil

131840
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 13 Januari 2024, Bacaan Injil Markus 2:13-17 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Sam 9:1-4. 17-19; 10:1a; Mazmur: 21:2-3. 4-5. 6-7; R:2a; PEKAN BIASA I (H); St.Hilarius, Usk. PujG;

BACAAN I – 1 Samuel 9

1 Ada seorang dari daerah Benyamin, namanya Kish bin Abiel, bin Zeror, bin Bekhorat, bin Afiah, seorang suku Benyamin, seorang yang berada.
2 Orang ini ada anaknya laki-laki, namanya Saul, seorang muda yang elok rupanya; tidak ada seorang pun dari antara orang Israel yang lebih elok dari padanya: dari bahu ke atas ia lebih tinggi dari pada setiap orang sebangsanya.
3 Kish, ayah Saul itu, kehilangan keledai-keledai betinanya. Sebab itu berkatalah Kish kepada Saul, anaknya: “Ambillah salah seorang bujang, bersiaplah dan pergilah mencari keledai-keledai itu.”
4 Lalu mereka berjalan melalui pegunungan Efraim; juga mereka berjalan melalui tanah Salisa, tetapi tidak menemuinya.

Kemudian mereka berjalan melalui tanah Sahalim, tetapi keledai-keledai itu tidak ada; kemudian mereka berjalan melalui tanah Benyamin, tetapi tidak menemuinya. 
17 Ketika Samuel melihat Saul, maka berfirmanlah TUHAN kepadanya: “Inilah orang yang Kusebutkan kepadamu itu; orang ini akan memegang tampuk pemerintahan atas umat-Ku.”
18 Dalam pada itu Saul, datang mendekati Samuel di tengah pintu gerbang dan berkata: “Maaf, di mana rumah pelihat itu?”
19 Jawab Samuel kepada Saul, katanya: “Akulah pelihat itu. Naiklah mendahului aku ke bukit. Hari ini kamu makan bersama-sama dengan daku; besok pagi aku membiarkan engkau pergi dan aku akan memberitahukan kepadamu segala sesuatu yang ada dalam hatimu.

10:1 Lalu Samuel mengambil buli-buli berisi minyak, dituangnyalah ke atas kepala Saul, diciumnyalah dia sambil berkata: “Bukankah TUHAN telah mengurapi engkau menjadi raja atas umat-Nya Israel? Engkau akan memegang tampuk pemerintahan atas umat TUHAN, dan engkau akan menyelamatkannya dari tangan musuh-musuh di sekitarnya. Inilah tandanya bagimu, bahwa TUHAN telah mengurapi engkau menjadi raja atas milik-Nya sendiri

 

MAZMUR 44 – Renungan Harian Katolik Hari Ini 13 Januari 2024

2 TUHAN, karena kuasa-Mulah raja bersukacita; betapa besar kegirangannya karena kemenangan yang dari pada-Mu!
3 Apa yang menjadi keinginan hatinya telah Kaukaruniakan kepadanya, dan permintaan bibirnya tidak Kautolak.
4 Sebab Engkau menyambut dia dengan berkat melimpah; Engkau menaruh mahkota dari emas tua di atas kepalanya.
5 Hidup dimintanya dari pada-Mu; Engkau memberikannya kepadanya, dan umur panjang untuk seterusnya dan selama-lamanya.
6 Besar kemuliaannya karena kemenangan yang dari pada-Mu; keagungan dan semarak telah Kau karuniakan kepadanya.
7 Ya, Engkau membuat dia menjadi berkat untuk seterusnya; Engkau memenuhi dia dengan sukacita di hadapan-Mu.

 

BACAAN INJIL – Renungan Harian Katolik Hari Ini 13 Januari 2024

Sekali peristiwa Yesus pergi lagi ke pantai Danau Galilea, dan seluruh orang banyak datang kepada-Nya, lalu Ia mengajar mereka. Ketika la lewat di situ, la melihat Lewi anak Alfeus duduk di tempat pemungutan cukai, lalu Ia berkata kepadanya, “Ikutlah Aku!” Lewi pun bangkit, lalu mengikut Dia. Ketika Yesus makan di rumah orang itu, banyak pemungut cukai dan orang berdosa makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya, sebab banyak orang yang mengikuti Dia.

Pada waktu ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi melihat, bahwa la makan dengan pemungut cukai dan orang berdosa itu, berkatalah mereka kepada murid-murid-Nya, “Mengapa la makan bersama pemungut cukai dan orang berdosa?” Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka, “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 13 Januari 2024, Bacaan Injil

Dalam Injil hari ini, Yesus memanggil Lewi, anak Alfeus atau yang lebih dikenal sebagai Matius, untuk menjadi salah seorang murid-Nya. Sebagai seorang pemungut cukai, Matius tentulah masuk dalam daftar orang yang paling dibenci. Para pemungut cukai adalah musuh Yahudi karena mereka bertindak sebagai kolaborator pemerintah Romawi. Bahkan, mereka mencari keuntungan lewat pemerasan, dengan memungut pajak lebih daripada yang diwajibkan hukum Romawi. Ini cukup scbagai alasan untuk memasukkan mereka dalam daftar pendosa besar yang pantas dibenci.

Yesus memanggil Matius dengan berkata, “Ikutlah Aku.” Ini adalah kata-kata yang sama yang digunakan Kristus untuk memanggil semua pengikut-Nya seperti kita. Tidak ada dua murid dari latar belakang yang sama. Semua berasal dari latar belakang yang berbeda dan semuanya memiliki kepribadian dan bakat yang berbeda. Kristus memanggil para pengikut-Nya dari antara orang berdosa, bahkan pendosa-pendosa paling besar sekalipun. Panggilan adalah pilihan dan kehendak bebas Allah dalam kebijaksanaan-Nya. Terhadap panggilan-Nya kita menyatakan “ya” sambil bersyukur dan memohon rahmat agar kita sanggup melaksanakan amanah yang terkandung dalam panggilan itu.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik Hari Ini 12 Januari 2024

.

.

Tuhan, buatlah kami menyadari bahwa panggilan-Mu adalah tanda kasih dan kemurahan-Mu bagi hidup kami. Amin.

.

Sumber: Ziarah Batin 2024, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Doa Pagi Katolik Untuk Awali Hari Indahmu

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here