Beranda Berita Terbaru Renungan Harian Katolik 28 Agustus 2023, Bacaan Injil

Renungan Harian Katolik 28 Agustus 2023, Bacaan Injil

18276
0
renungan harian katolik

Renungan Harian Katolik Hari Ini 28 Agustus 2023, Bacaan Injil Matius 23:13-22 (baca Alkitab – klik disini)

Bacaan I: 1Tes. 1:2b 5,8b-10; Mazmur: 149:1-2.3-4.5-6a.9b; R:4a; PEKAN BIASA XXI; Pw.St.Agustinus, UskPujG (P); St.Hermes, Mrt.; 

Pada suatu hari, Yesus berkata kepada ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi: “Celakalah kalian, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kalian orang-orang munafik, karena kalian menutup pintu-pintu Kerajaan Surga di depan orang. Sebab kalian sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk. Celakalah kalian, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kalian orang-orang munafik, sebab kalian menelan rumah janda-janda sementara mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang.

Sebab itu kalian pasti akan menerima hukuman yang lebih berat. Celakalah kalian, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kalian orang-orang munafik, sebab kalian mengarungi lautan dan menjelajah daratan, untuk mentobatkan satu orang saja menjadi penganut agamamu dan sesudah ia bertobat, kamu menjadikan dia orang neraka, yang dua kali lebih jahat dari pada kamu sendiri. Celakalah kalian, hai pemimpin-pemimpin buta, yang berkata, ‘Bila bersumpah demi Bait Suci, sumpah itu tidak sah; tetapi bersumpah demi emas Bait Suci, sumpah itu mengikat.

Hai kalian orang-orang bodoh dan orang-orang buta, apakah yang lebih penting, emas atau Bait Suci yang menguduskan emas itu? Bersumpah demi mezbah, sumpah itu tidak sah, tetapi bersumpah demi persembahan yang ada di atasnya, sumpah itu mengikat. Hai kalian orang-orang buta, apakah yang lebih penting, persembahan atau mezbah yang menguduskan persembahan itu? Karena barang siapa bersumpah demi mezbah, ia bersumpah demi mezbah dan juga demi segala sesuatu yang terletak di atasnya. Dan barang siapa bersumpah demi Bait Suci, ia bersumpah demi Bait Suci dan juga demi Dia, yang diam di situ. Dan barang siapa bersumpah demi surga, ia bersumpah demi takhta Allah dan juga demi Dia, yang bersemayam di atasnya.”

.

renungan harian katolik

.

Renungan Harian Katolik Hari Ini 28 Agustus 2023, Bacaan Injil

Santo Agustinus terkenal sebagai filsuf yang mencari dan merenungkan hal mendasar dalam kehidupan manusia di hadapan Tuhan. la mendengarkan nasihat-nasihat Santo Ambrosius, Uskup Milano pada waktu itu. Nasihat seperti yang disampaikan Paulus kepada jemaat di Tesalonika, bertujuan memantik kasih yang timbul dari hati yang suci, dari hati nurani yang murni dan dari iman yang tulus ikhlas. la didoakan terus-menerus oleh ibunya, Santa Monika, dan akhirnya dibaptis menjadi pengikut setia Yesus.

Baca Juga: Renungan Harian Katolik 27 Agustus 2023

Santo Agustinus sungguh menemukan apa yang penting dari begitu banyak hal yang kurang penting dalam hidupnya. Tidak seperti para ahli Taurat dan orang-orang Farisi dalam Injil, ia sungguh menemukan betapa Allah dan kerajaan-Nyalah yang terbesar dan terpenting, bukan hal-hal manusiawi yang seharusnya menjadi sarana penghantar orang kepada Allah. Aturan-aturan dalam hukum Taurat dibuat untuk membawa orang kepada Allah bukan sebaliknya. Doa-doa panjang diciptakan untuk memuji Allah, bukan untuk mengelabui orang.

Persembahan-persembahan digelar bukan demi persembahan itu sendiri, melainkan demi Dia yang menguduskan persembahan. Santo Agustinus menjadi teladan kekudusan umat beriman. Mari kita belajar darinya.

.

Tuhan, ajarlah kami selalu mampu membedakan mana yang paling penting di antara begitu banyak hal penting dalam hidup kami. Amin.

.

Sumber renungan harian katolik: Ziarah Batin 2023, OBOR Indonesia

Baca Juga (KLIK):

Ziarah Wisata Gua Maria di Jogjakarta dan Sekitarnya

.

.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here