Beranda Berita Terbaru Peringatan HARI LANSIA Tahun 2021: Misa Lansia Paroki Jetis

Peringatan HARI LANSIA Tahun 2021: Misa Lansia Paroki Jetis

55
0

Gereja St Albertus Agung Jetis mengadakan misa lansia dalam rangka menyambut Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 29 Mei 2021. Momentum ini dimanfaatkan oleh Gereja untuk menyapa para lansia yang selama pandemi covid-19 tidak diperkenankan mengikuti misa secara langsung di gereja. Perayaan Ekaristi digelar pada pukul 09.00 WIB dipimpin oleh Romo Vincentius Suparman, Pr. Acara ini dihadiri 70 orang lansia sehat dari semua lingkungan di wilayah Paroki St. Albertus Agung Jetis Yogyakarta. Protokol kesehatan tetap diberlakukan secara ketat demi meminimalisir kasus baru dan penularan virus Covid19.

Tema hari lansia nasional ke-25 tahun ini adalah “Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga”. Di masa pandemi saat ini, para lansia diwajibkan tinggal di rumah karena rentan terpapar virus covid-19. Akibatnya aktivitas terbatas dan sanak saudara tidak dapat melawat. Para lansia diharuskan menghabiskan waktunya di rumah saja bersama keluarga satu rumah. Terlebih bagi lansia yang terbaring sakit atau memiliki penyakit bawaan, keluarga merupakan satu-satunya kelompok yang ditemui setiap hari. Peran keluarga sangat penting dalam meningkatkan kualitas hidup para lansia.

Romo Vincentius Suparman, Pr mengawali homilinya dengan bernyanyi lagu “Di sini senang di sana senang”. Romo mengajak para lansia untuk senantiasa bahagia. Walaupun kini semua serba terbatas, para lansia mampu membawa semua keterbatasan ini dalam doa. Pandemi memang belum berakhir, namun dengan doa para lansia diharapkan kondisi akan semakin membaik. Hari tersebut bertepatan pula dengan Hari Raya Tri Tunggal Mahakudus. Allah yang mewujud dalam 3 pribadi yaitu Bapa, Putra dan Roh Kudus merupakan wujud kasih Allah yang luar biasa untuk manusia. Allah yang mahatinggi rela merendahkan dirinya untuk bersatu dengan kita umat manusia. Hendaknya kita-pun mampu meneladan sikap rendah hati yang diajarkan Yesus. Perayaan Ekaristi berlangsung selama kurang lebih 1 jam dan diakhiri dengan berkat penutup. Para lansia meninggalkan gereja dengan tertib sesuai arahan petugas dengan menaati protokol kesehatan.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here