Beranda Berita Terbaru Panduan Misa Online Hari Minggu Biasa XII – 21 Juni 2020

Panduan Misa Online Hari Minggu Biasa XII – 21 Juni 2020

2826
0

Misa Online Hari Minggu Biasa XII


Paroki St. Albertus Agung Jetis – 21 Juni 2020 – Pukul 08.30 WIB

.

IKUT MISA ONLINE

DOWNLOAD PANDUAN

.

RITUS PEMBUKA

Nyanyian Pembuka: PS 330

Tanda Salib dan Salam

Pengantar

Seruan Tobat:

I    Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Sabda Allah yang hidup, tempat kami memercayakan diri kami. Tuhan, kasihanilah kami.

Tuhan, kasihanilah kami.

I   Engkaulah kebangkitan dan hidup, tempat kami menaruh harapan kami. Kristus, kasihanilah kami.

U  Kristus, kasihanilah kami.

I   Engkaulah cinta kasih ilahi yang menjelma, tempat kami menaruh cinta kasih seutuhnya. Tuhan, kasihanilah kami.

Tuhan, kasihanilah kami.

 .

Kemuliaan didaraskan

Doa Pembuka

I   Marilah berdoa, – hening sejenak

Allah Bapa yang penuh kasih, Engkau telah mengutus Yesus Kristus, Putra-Mu sebagai satu-satunya jaminan hidup kami. Semoga kehadiran-Nya membuat kami tidak pernah takut akan  nasib kami karena kami percaya bahwa kami akan selalu aman dalam bimbingan-Nya. Sebab Dialah Tuhan Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

U   Amin.

.

LITURGI SABDA

Bacaan I Yer. 20:10-13

Tuhan telah melepaskan nyawa orang miskin dari tangan orang-orang yang berbuat jahat.

Bacaan dari Kitab Yeremia

Aku, Yeremia, telah mendengar bisikan banyak orang, “Kegentaran datang dari segala jurusan! Adukanlah dia! Mari kita mengadukan dia!” Semua sahabat karibku mengintai apakah aku tersandung jatuh. Kata mereka, “Barangkali ia membiarkan dirinya dibujuk, sehingga kita dapat mengalahkan dia dan dapat melakukan pembalasan kita terhadap dia!” Tetapi Tuhan menyertai aku seperti pahlawan yang gagah, sebab itu orang-orang yang mengejar  aku akan tersandung, jatuh, dan mereka tidak dapat berbuat-apa-apa. Mareka akan menjadi malu sekali, sebab mereka tidak berhasil, suatu noda yang selama-lamanya tidak akan terlupakan! Ya Tuhan semesta alam, yang menguji orang benar, yang melihat batin dan hati, biarlah aku melihat pembalasan-Mu terhadap mereka, sebab kepada-Mulah kuserahkan perkaraku. Menyanyilah untuk Tuhan, pujilah Dia! Sebab ia telah melepaskan nyawa orang miskin dari tangan orang-orang yang berbuat jahat.”

Demikianlah Sabda Tuhan.

.

Mazmur Tanggapan Mzm. 69:8-10.14-17.33-35

Ulangan: Tuhan sudi dengarkan rintihan umat-Mu.

Ayat:

  1. Tuhan, kerana Engkaulah aku menanggung cela, karena Engkaulah noda meliputi mukaku. Aku telah menjadi orang luar bagi saudara-saudaraku, menjadi orang asing bagi anak-anak ibuku; sebab cinta untuk rumah-Mu menghanguskan aku, dan kata-kata yang mencela Engkau telah menimpa aku.
  2. Tetapi aku, aku berdoa kepada-Mu, ya Tuhan, aku bermohon pada waktu Engkau berkenan, ya Allah; demi kasih setia-Mu yang besar jawablah aku, ya Tuhan, sebab baiklah kasih setia-Mu, berpaling kepadaku menurut rahmat-Mu yang besar!
  3. Lihatlah, hai orang-orang yang rendah hati, dan bersukacitalah; biarlah hatimu hidup kembali. Hai kamu yang mencari Allah! Sebab Tuhan mendengarkan orang-orang miskin, dan tidak memandang hina orang-orang-Nya yang ada dalam tahanan. Biarlah langit dan bumi memuji-muji Dia, lautan dan segala yang bergerak di dalamnya.

.

Bacaan II –  Rm. 5:12-15

Karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam.

Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Roma.

Saudara-saudara, dosa telah masuk ke dalam dunia lantaran satu orang, dan karena dosa itu masuklah juga maut. Demikianlah maut telah menjalar kepada semua orang karena semua orang telah berbuat dosa. Sebab sebelum hukum Taurat ada, di dunia ini telah ada dosa. Tetapi dosa itu tidak diperhitungkan kalau tidak ada hukum Taurat. Sungguhpun demikian, dari zaman Adam sampai kepada zaman Musa maut telah berkuasa juga atas mereka yang tidak berbuat dosa dengan cara yang sama seperti yang telah dibuat oleh Adam, yang adalah gambaran dari Dia yang akan datang. Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang itu semua orang telah jatuh dalam kuasa maut, jauh lebih besarlah kasih karunia dan karunia Allah, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang lantaran satu orang, yaitu Yesus Kristus.

Demikianlah Sabda Tuhan.

.

Bait Pengantar Injil – Yoh. 15:26b.27a

Refr:     Alleluya

Solis: Roh kebenaran akan memberi kesaksian tentang daku, dan kamu pun harus memberi kesaksian pula, Sabda Tuhan. – Refr.

U Alleluya.

.

Bacaan Injil Mat. 10:26-33

I     Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius

U   Dimuliakanlah Tuhan

I    Sekali peristiwa Yesus bersabda kepada kedua belas murid-Nya, “Janganlah kamu takut kepada mereka yang memusuhimu, karena tidak ada sesuatu pun yang tertutup yang tidak akan dibuka, dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui. Apa yang Kukatakan kepadamu dalam gelap, katakanlah dalam terang; dan apa yang dibisikkan ke telingamu, beritakanlah dari atas atap rumah. Dan janganlah  kamu takut kepada mereka yang hanya dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; tetapi takutlah Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh  di dalam neraka. Bukankan burung pipit dijual seduit dua ekor? Namun tak seekor pun dari padanya akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapa-Mu. Dan kamu, rambut kepalamu pun semuanya telah terhitung. Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih beharga daripada banyak burung pipit. Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia akan Kuakui di depan Bapa-Ku yang di surga. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, dia akan Kusangkal juga di depan Bapa-Ku yang di surga.”

Demikianlah Injil Tuhan.

U   Terpujilah Kristus

.

Homili 

Syahadat

Doa Umat                                                    

I    Kristus mengajarkan kepada kita agar tidak takut kepada mereka yang hanya membunuh tubuh tetapi takut kepada Dia yang berkuasa membinasakan, baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka. Marilah kita dengan kerendahan hati memanjatkan doa-doa kepada Allah Bapa kita.

L   Bagi Gereja Kudus. Ya Bapa, terangilah selalu para pemimpin Gereja dengan Roh Kebijaksanaan-Mu dalam menghadapi segala tantangan-tantangan zaman yang penuh perubahan ini. Marilah berdoa:

U Tuhan, kami percaya kepada-Mu.

L   Bagi bangsa kita. Ya Bapa, tuntunlah umat-Mu dalam ikut serta bertanggung jawab atas keadaan negara kami sehingga tetap memberi kesaksian atas nilai-nilai Injil dengan usaha menegakkan keadilan serta martabat manusia. Marilah berdoa:

Tuhan, kami percaya kepada-Mu.

L   Bagi mereka yang sakit dan menderita, serta kaum miskin dan tertindas. Ya Bapa, teguhkanlah iman, pengharapan dan kasih semua saudara kami yang mengalami nasib malang atau perlakuan yang kurang wajar sehingga mereka tetap setia dengan Sabda-Mu dalam memperjuangkan kesejahteraan dan keadilah hidup mereka. Marilah berdoa:

U Tuhan, kami percaya kepada-Mu.

L   Bagi kita, umat kristiani. Ya Bapa, persatukanlah kami dalam kasih persaudaraan sejati untuk saling bahu-membahu membangun Kerajaan Allah. Marilah berdoa:

Tuhan, kami percaya kepada-Mu.

I   Tuhan, dampingilah kami dalam perjalanan peziarahan menuju kerajaan kasih-Mu. Semoga kami tetap setia kepada-Mu dan hidup oleh karena Sabda Kebenaran-Mu yang hadir dalam diri Kristus, sebab Dialah Tuhan dan Pengantara kami, yang hidup dan berkuasa, sepanjang segala masa.

U   Amin.

.

LITURGI EKARISTI

Persiapan Persembahan                                  

I    Berdoalah, Saudara-saudari, supaya persembahanku dan persembahanmu berkenan pada Allah, Bapa Yang Mahakuasa.

Semoga persembahan ini diterima demi kemuliaan Tuhan dan keselamatan kita serta umat Allah yang kudus.

Doa Persiapan Persembahan

I   Ya Allah Yang Mahakudus, persatukanlah persembahan kami ini dengan korban Kristus, Putra-Mu sehingga memulihkan hubungan kami dengan Dikau yang telah rusak akibat dosa-dosa kami. Sebab Dialah Tuhan dan Pengantara kami.

Amin.

.

Doa Syukur Agung

– Prefasi (Buah-buah Ekaristi Mahakudus)

Kudus – PS 394

– Doa Syukur Agung

.

Komuni

  • Bapa Kami
  • Doa Damai
  • Anak Domba Allah
  • Komuni – Doa Komuni Batin

Yesusku,

aku percaya Engkau sungguh hadir

dalam Sakramen Mahakudus.

Aku mencintai-Mu lebih dari segalanya,

dan aku merindukan kehadiran-Mu dalam jiwaku.

Karena sekarang aku tak dapat menyambut-Mu dalam sakramen Ekaristi

Datanglah sekurang-kurangnya secara rohani ke dalam hatiku, seolah-olah Engkau telah datang.

Aku memeluk-Mu dan mempersatukan diriku penuhnya kepada-Mu,

Jangan biarkan aku terpisah daripada-Mu.

Amin.

.

Doa Sesudah Komuni

I   Marilah berdoa; – hening sejenak

Allah Bapa yang penuh kasih, kami bersyukur atas santapan suci ini. Semoga berkat Sakramen Ekaristi yang telah kami sambut, kami menjadi semakin berani untuk mewartakan kebaikan dan kerahiman-Mu dimana pun kami berada, hingga kami sendiri mengalami kerahiman-Mu yang abadi di Surga. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

U Amin.

.

RITUS PENUTUP

Amanat Pengutusan

Berkat & Pengutusan

Nyanyian Penutup:  PS. 697

.
.

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here