Beranda Adven 2020 Panduan Adven PIA dan PIR 2020 Pertemuan 1 : Pokok Anggur &...

Panduan Adven PIA dan PIR 2020 Pertemuan 1 : Pokok Anggur & Rantingnya

296
0
panduan adven 2020

Tujuan

Anak diajak memahami Visi Ardas KAS semakin hidup bersatu erat dengan Kristus agar menghasilkan buah.

1. Pembuka

a. Lagu Pembuka

Pendalaman dapat dibuka dengan menyanyikan lagu: 

Yesus pokok / Dan kitalah carang-Nya / Tinggalah di dalamNya

Yesus pokok / Dan kitalah carangNya / Tinggallah di dalamNya

Yesus pokok / Dan kitalah carangNya / Tinggallah di dalamNya

Pastilah kau akan berbuah

Yesus cintaku, ku cinta Kau / Kau cinta Dia

Yesus cintaku, ku cinta kau / Kau cinta Dia

Yesus pokok / Dan kitalah carangNya / Tinggallah di dalamNya

b. Tanda Salib

P. : Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus

U. : Amin

c. Salam/ Pengantar

Adik-adik yang terkasih, saat ini kita memasuki masa Adven, yaitu masa menantikan kelahiran Tuhan Yesus Sang Juru Selamat yang akan kita rayakan pada hari Natal nanti. Pada pertemuan yang pertama ini, kita diajak menyadari bahwa hidup iman kita tidak dapat dilepaskan dengan Tuhan Yesus Kristus. Tuhan Yesus Kristus itu pokok anggur dan kita carangnya/rantingnya. Kita diajak untuk memahami arti atau makna “semakin erat bersatu dengan Kristus dan berbuah dalam kasih.” Pendalaman ini mengajak kita menyadari bahwa hidup beriman kita tidak dapat dilepaskan dari pokok utama yaitu Kristus.

d. Doa Pembuka

Tuhan Yesus yang baik, terima kasih atas anugerah dan hari baru yang masih boleh kami rasakan hingga hari ini. Tuhan pada hari ini kami akan mengadakan pertemuan Adven yang pertama, semoga melalui pertemuan ini kami senantiasa menyadari dan merasakan kebaikanMu lewat keluarga agar selalu hidup sesuai terang iman Mu dan semakin erat bersatu dengan Mu. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.

e. Penyalaan Lilin Korona

Tuhan, terangilah umat-Mu dengan cahaya kasih-Mu.

U: Agar kami semua dapat menjadi cahaya bagi sesama.

P: Ya Bapa, berbelaskasihlah kepada kami, para hamba-Mu yang merindukan Putera-Mu, cahaya kehidupan sejati. Nyalakanlah harapan kami yang gelap ini akan kehadiran Putera-Mu yang menjadi penerang bagi hidup kami. Bagaikan nyala lilin yang semakin terang, demikianlah kami mohon agar hidup kami semakin diterangi oleh kehadiran Kristus. Semoga kami semua mampu menjadi pribadi-pribadi yang guyub dan semakin erat bersatu dengan Kristus, berbuah dalam kasih, serta bersama masyarakat memperjuangkan hidup yang sejahtera bermartabat demi terwujudnya tanda kehadiran Kerajaan Allah. Demi Kristus, Tuhan dan Juruselamat kami, sepanjang segala masa.

U: Amin

2. Bacaan Kitab Suci

a. Membaca Yohanes 15:1-5 Bacaan Kitab Suci (Klik disini)

b. Aktivitas Memperdalam Kitab Suci

Hiaslah gambar pohon anggur sesuai dengan kreasimu (lembar kerja terlampir)

LEMBAR KERJA

LEMBAR MEWARNAI INTERAKTIF

3. Refleksi

a. Renungan

Yesus berkata bahwa Ia adalah pokok anggur. Kita harus tetap di dalam Dia agar kita bisa berdiri teguh sampai akhir. Akan ada pekerjaan bagi kita. Kita harus bertumpu pada kekuatan dan kemampuanNya untuk mengubah kita.

“Siapa tanaman anggur itu?” Yesus

“Siapa tukang kebun itu?” Bapa

“Apa yang dilakukan tukang kebun?” Dia memotong cabang yang mati, yang tidak menghasilkan buah.

“Jadi Yesus adalah pokok anggur dan kita adalah ranting-rantingnya. Kita diharapkan memberikan buah yang baik seperti kedamaian, cinta, dan kebaikan. Saat kita tidak menghasilkan buah, kita akan dipangkas. Allah Bapa mengingatkan kita untuk senantiasa bertumbuh. Allah mendorong sepanjang hidup kita untuk menghasilkan buah.

Apa yang terjadi jika cabang ditebang dari pokok anggur atau pohon? Itu layu dan mati. Maka, kita harus senantiasa erat bersama Yesus sebagai Pokok Anggur yang benar, agar kita ini semua senantiasa berbuah dan menjadi berkat bagi sesama kita.

b. Aktivitas Reflektif

Isilah lingkaran-lingkaran buah anggur yang ada dengan rencana-rencana konkretmu yang ingin kamu buat untuk kebaikan temanmu, keluargamu selama pandemi ini (lembar kerja terlampir)

LEMBAR KERJA

LEMBAR KERJA INTERAKTIF

4. Penutup

a. Doa Penutup

Tuhan Yesus yang Mahabaik, terima kasih atas penyertaan Mu dalam pertemuan Adven ini. Kami berterima kasih juga karena Engkau telah menghadirkan keluarga dan orang-orang yang sangat mencintai dan menanamkan sikap baik kepada kami, sehingga kami senantiasa berbuah Kasih. Semoga melalui mereka, kami semakin memiliki iman yang erat dan mendalam bahwa Yesus adalah satu-satunya Pokok Anggur kami. Demi Yesus Tuhan dan pengantara kami. Amin.

b. Nyanyian Penutup

Yesus pokok / Dan kitalah carang-Nya / Tinggalah di dalamNya

Yesus pokok / Dan kitalah carangNya / Tinggallah di dalamNya

Yesus pokok / Dan kitalah carangNya / Tinggallah di dalamNya

Pastilah kau akan berbuah

Yesus cintaku, ku cinta Kau / Kau cinta Dia

Yesus cintaku, ku cinta kau / Kau cinta Dia

Yesus pokok / Dan kitalah carangNya / Tinggallah di dalamNya

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here