Beranda Adven 2023 Menyongsong Kelahiran Kristus, Juru Selamat Dunia : Homili Misa Minggu Adven III...

Menyongsong Kelahiran Kristus, Juru Selamat Dunia : Homili Misa Minggu Adven III (Minggu, 17 Desember 2023)

586
0

Minggu Adven Ketiga (III) dalam liturgi merupakan minggu bahagia karena umat diajak untuk menantikan kelahiran Sang Raja Damai dengan penuh suka cita. Melalui bacaan-bacaan sabda Tuhan kita diajak untuk merenungkan dan semakin meneguhkan dalam menyongsong kehadiran Tuhan kita Yesus Kristus.

Sebentar lagi kita akan merayakan hari raya Natal ditandai dengan sudah dinyalakannya lilin berwarna pink (merah muda) yang menjadi tanda sebagai minggu gembira, minggu di mana setelah kita melakukan pertobatan melalui penerimaan Sakramen Tobat kita di ajak untuk mulai memikirkan bagaimana menyongsong Dia yang datang ke dunia dengan lebih bergembira. Allah telah berkenan peduli kepada manusia yang hidup di dalam kesusahan, penderitaan, kesedihan, ketakutan, dan malu karena dosa. Allah bersedia untuk mengampuni segala kelemahan dan dosa-dosa kita. Dalam Injil hari ini (Yohanes 1:6-8.19-28) Yohanes membuka pintu untuk kehadiran Mesias dan menyiapkan jalan bagi orang-orang yang mau menyambut kedatangan Tuhan. Di era modern ini, kita semua dipanggil menjadi Yohanes-Yohanes baru untuk mempersiapkan diri dan sesama untuk mulai melakukan pertobatan dengan kerendahan hati di hadapan Allah dan Gereja. Pada bacaan pertama (Yesaya 61:1-2A.10-11) kita menyiapkan hati untuk Tuhan karena ada roh yang tinggal dan menetap dalam hati kita untuk mengurapi dan menyampaikan kabar baik bahwa ada belas kasih Allah yang membukakan pintu kerahiman-Nya untuk setiap orang yang datang dalam keadaan apa pun. Di mana ketika orang menantikan kehadiran Tuhan lalu dihidupi dengan roh Tuhan yang ada dalam diri kita masing-masing, maka buahnya adalah suka cita. Tetaplah berdoa dan mengucap syukur dalam segala hal sebab itulah yang dikehendaki Allah bagi kamu di dalam Kristus Yesus jangan padamkan roh-roh baik ini. Kita juga diajak untuk hidup bijaksana dengan membiasakan diri berbuat baik dan menjauhkan diri dari segala jenis kejahatan serta berwaspada karena hal kecil pun juga bisa menjadi awal mula kejahatan.

Semoga Allah dalam damai sejahtera menguduskan kita seluruhnya terlebih roh, jiwa, dan tubuhmu terpelihara sempurna serta tidak bercacat pada saat kedatangan Yesus Kristus. Mari kita sucikan dan pulihkan diri dengan menerima Sakramen Tobat. Semoga kita semakin setia untuk mencari kehendak Allah dan mengikuti jalan Allah yakni berbuat baik kepada semua orang tanpa terkecuali.

.

.

Sumber :

Misa Online 17 DESEMBER 2023, Pk 08.00 WIB | HARI MINGGU ADVEN III | MINGGU GAUDETE (https://www.youtube.com/watch?v=7s-lzwVCmuE&t=1279s)

Bahan Panduan Adven Lingkungan Bahasa Indonesia (https://kas.or.id/panduan-adven-2023-keuskupan-agung-semarang/)

.

.

Penulis : Katharina Tri Wahyuni A.

Editor : Frans

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here