Beranda Berita Terbaru Bulan Rosario, Sebuah Penghormatan Bagi Bunda Perawan Maria

Bulan Rosario, Sebuah Penghormatan Bagi Bunda Perawan Maria

749
0
bulan rosario

Menyambut bulan Oktober tahun 2020 ini, apakah masing-masing kita ingat perayaan apa yang biasanya dilakukan? Pada bulan September ini yang kita peringati adalah peringatan Bulan Kitab Suci Nasional, sedangkan bulan Oktober setiap tahunnya kita memperingati Bulan Rosario.

Seperti yang sudah disampaikan tadi, bulan ini dilakukan penghormatan terhadap Bunda Perawan Maria. Namun apakah Anda sudah benar-benar mengetahui bagaimana awal mula adanya penghormatan ini? Mari menengok sejarah di dalam gereja Katolik sebentar untuk mengetahuinya.

Mengapa ada peringatan bulan rosario? Bagaimana asal-usulnya?

Kita telah memahami bahwa Bulan Maria bertujuan untuk memperingati devosi terhadap Bunda Maria. Meskipun begitu budaya kental berdoa di dalam gereja Katolik juga memiliki bulan tersendiri untuk memperingati Doa Rosario. Sebelum bercerita lebih jauh, jika Anda ingin tahu mengenai awal mula adanya Bulan Maria silahkan klik tombol dibawah ini.

Sejarah Bulan Maria

Lanjut ya. Penasaran untuk menelisik lebih dalam sejarah asal mula adanya peringatan ini? Yuk simak kisah lengkapnya berikut.

Tahun 1571 pada masa kepemimpinan Paus Pius V sebagai pemimpin tertinggi gereja Katolik, terjadi pertempuran antara koalisi negara-negara Eropa dengan Kekaisaran Ottoman-Turki yang notabene memiliki armada laut terkuat di masa itu. Koalisi negara-negara Eropa di atas tergabung dalam sebuah persatuan bernama Liga Suci (Holy League) sebagai perwakilan pasukan Kristen.

Peperangan dilakukan di laut tepatnya di teluk Patras-Yunani. Pertempuran ini merupakan peperangan laut terbesar pada masanya karena melibatkan lebih dari 500 kapal perang dengan jumlah keterlibatan sekitar 70.000 pasukan pada waktu itu.

Namun dikarenakan jumlah pasukan tidak seimbang serta keadaan cuaca (angin) yang tidak mendukung Pasukan Kristen, maka Paus Pius V menyerukan agar seluruh benua Eropa untuk bersama-sama berdoa rosario memohon kemenangan kepada Tuhan melalui perantaraan Bunda Maria. Sedangkan Paus Pius V sendiri memimpin prosesi rosario di Roma.

Selama pertempuran tersebut berlangsung seluruh negeri terus menerus berdoa, dan tak disangka keadaan perlahan mulai berbalik, sehingga pada akhirnya kemenangan direbut oleh pasukan Kristen. Hal ini pun menandai kemunduran dan titik balik ekspansi Kekaisaran Ottoman ke daerah Mediterania.

Silahkan klik tombol berikut jika ingin mengetahui lebih detail mengenai pertempuran lepanto yang sangat terkenal itu.

Pertempuran Lepanto

Sejarah telah ditorehkan & perjalanan panjang peringatan Bulan Rosario

Setelah kemenangan pasukan Kristen di Lepanto, Paus Pius V mengumumkan agar adanya peringatan untuk menghormati hari tersebut sebagai kemenangan yang direbut oleh bantuan Bunda Maria. Penghormatan yang dimaksud adalah peringatan “Our Lady of Victory” atau “Pesta Bunda Kemenangan” sebagai pesta tahunan untuk memperingati kemenangan di Lepanto, yang diatribusikan kepada Santa Perawan Maria.

Paus Gregorius XIII kemudian mengubah nama peringatan “Pesta Bunda Kemenangan” menjadi “Pesta Rosario Suci” pada tahun 1573, yang hari rayanya diperingati pada hari Minggu pertama setiap bulan Oktober. Di tahun 1584, Pastor Dominika Juan Lopez dalam bukunya tentang rosario menyatakan, bahwa pesta rosario dipersembahkan “untuk mengenang dan dengan rasa syukur terus-menerus atas kemenangan ajaib yang Tuhan berikan kepada umat Kristiani hari itu melawan armada Turki”.

Pada tahun 1913, Paus Pius X mengubah tanggal perayaan menjadi 7 Oktober, sebagai bagian dari upayanya untuk memulihkan perayaan liturgi hari Minggu. Lalu di tahun 1960 pada masa kepemimpinan Paus Yohanes XXIII hari raya tersebut terdaftar dengan nama “Pesta Santa Perawan Maria dari Rosario, ” selanjutnya di bawah reformasi liturgi tahun 1969, Paus Paulus VI menyebutkan “Bunda Rosario” sebagai peringatan wajib.

Begitulah asal mula Peringatan Wajib Santa Perawan Maria Ratu Rosario dalam  gereja Katolik yang diperingati setiap tanggal 7 Oktober setiap tahun, atau yang kita peringati sebagai Bulan Rosario di negara kita.

Ingin ikut doa rosario misi? Klik tombol di bawah ini :

DOA ROSARIO MISIONER

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here