Beranda Adven 2023 Berjaga-jagalah untuk Kedatangan Tuhan : Homili Misa Minggu Adven I (Minggu, 3...

Berjaga-jagalah untuk Kedatangan Tuhan : Homili Misa Minggu Adven I (Minggu, 3 Desember 2023)

804
0

Memasuki masa Adven, masa di mana kita mempersiapkan jiwa dan merefleksi diri untuk menyambut kelahiran Sang Juru Selamat di tengah-tengah situasi kehidupan. Terlebih pada Minggu Adven Pertama (I) ini kita bersama-sama diajak untuk berjaga-jaga menantikan kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus untuk merayakan kelahiran-Nya yang menjadi cahaya untuk menuntun kita dalam kehidupan sehari-hari. Serta kita juga diajak untuk selalu berjaga-jaga karena kedatangan Tuhan dalam hidup ini tidak pernah kita ketahui saat dan waktunya, hanya dengan bersiap-siaga kita mampu menyambut kedatangan Tuhan untuk menerima rahmat karunia keselamatan bagi kita semua.

Dalam Injil yang kita renungkan hari ini (Markus 13:33-37), berkali-kali kita diingatkan untuk berjaga-jaga, bersiap-siaga, dan bersiap-sedia ketika Tuhan hadir di tengah-tengah kita untuk memberikan rahmat kehidupan yang paling agung, yaitu kehidupan bersama dengan Tuhan. Namun hal ini dapat dikatakan juga bahwa Tuhan menyampaikan kepada kita untuk senantiasa berjaga, kalau sewaktu-waktu kita dipanggil Tuhan untuk dibawa kepada kesatuan dengan para kudus-Nya di surga, sehingga kembali kepada asal mula umat manusia diciptakan dan ambil bagian dalam kebahagiaan abadi bersama Tuhan.

Dalam berjaga-jaga ini kita dituntun dalam cahaya Kristus yang disimbolkan dengan upacara pemberian lilin bernyala dengan kata-kata “Terimalah cahaya Kristus dan jagalah cahaya Kristus itu sampai nanti masuk ke dalam kehidupan yang kekal.” pada saat ibadat Baptis. Yang berarti kita menjaga cahaya Kristus yang ada di dalam diri kita yang telah menerangi dan menuntun dalam kehidupan dengan melaksanakan dan meneladani kebaikan-kebaikan yang diajarkan oleh Yesus. Kebaikan ini dapat tertanam dalam diri untuk menjaga perilaku dan tutur kata supaya tidak mudah menyakiti orang lain. Menjaga perasaan hati kita supaya tidak mudah baper (bawa perasaan) dan tersinggung karena apa-apa dirasakan menyakiti. Selain itu kita juga harus menjaga keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya dalam keluarga dengan saling menjaga kerukunan dan kebersamaan antar anggota keluarga.

Semoga dengan berjaga-jaga dan dengan dituntun cahaya Kristus, kita dapat senantiasa meneladani kebaikan Tuhan Yesus sampai kepada keselamatan yang sediakan oleh Tuhan sendiri pada saatnya nanti ketika Tuhan telah hadir dalam kehidupan kita masing-masing.

.

.

Sumber :

Misa Online 3 DESEMBER 2023, Pk 08.00 WIB | HARI MINGGU ADVEN I (https://www.youtube.com/watch?v=QTJNaclgGXw&t=422s)

Bahan Panduan Adven Lingkungan Bahasa Indonesia (https://kas.or.id/panduan-adven-2023-keuskupan-agung-semarang/)

.

.

Penulis : Katharina Tri Wahyuni A.

Editor : Frans

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here