Beranda Warta Paroki Temu Kangen “Outbound” Alumni Kursus Penginjilan Pribadi (KPP) Paroki St. Albertus Agung...

Temu Kangen “Outbound” Alumni Kursus Penginjilan Pribadi (KPP) Paroki St. Albertus Agung Jetis Yogyakarta

3266
0

(26/05/2019) Gereja St. Albertus Agung Jetis telah mengadakan Kursus Penginjilan Pribadi (KPP) sampai angkatan II. Di beberapa paroki KPP sama dengan Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP), atau Sekolah Evangelisasi Pribadi (SEP). Pada KPP Paroki Jetis angkatan I peserta dikhususkan untuk para prodiakon dan perwakilan pengurus lingkungan, peserta awalnya mencapai 74 orang.

Sementara pada KPP angkatan II pesertanya bebas terbuka untuk semua umat, pesertanya mencapai 49 orang. Dari peserta yang ikut tidak semua dapat menyelesaikan pembelajaran dan retret perutusan. Ada sebagian yang muntaber (mundur tanpa berita) sehingga dinyatakan tidak lulus.

Dari semua peserta yang lulus dan sudah dinyatakan sebagai alumni KPP perlu terus membina iman dan saling menguatkan dalam perutusan. Oleh karena itu diadakan kegiatan temu kangen alumni KPP secara berkala. Temu kangen pada bulan Mei 2019 ini diisi dengan kegiatan out bound.

Pemilihan bentuk kegiatan out bound ini bertujuan untuk memberikan kegiatan yang sifatnya refreshing dan peneguhan pada panitia KPP angkatan III. Kegiatan ini dimaksudkan agar panitia KPP angkatan III punya kesatuan gerak langkah, dapat bekerja sama dengan baik sehingga penyelenggaraan KPP angkatan III dapat berjalan semakin baik dari angkatan sebelumnya.

Kegiatan outbound diselenggarakan pada hari Minggu, 26 Mei 2019 di Melcosh – Kaliurang. Kegiatan diawali dengan ibadat pembuka oleh peserta dan dilanjutkan dengan pemilihan pengurus alumni KPP. Pengurus alumni ini perlu dibentuk untuk mewadahi kegiatan-kegiatan alumni KPP dibawah Bidang Paguyuban dan Tata Organisasi.

Sementara untuk panitia KPP bekerja sama dengan tim kerja evangelisasi di bawah koordinasi bidang pewartaan. Pada kesempatan pemilihan ini, terpilih secara aklamasi pengurus alumni KPP Paroki Jetis untuk jangka waktu tahun 2019-2021, yaitu :

Ketua              : Regina Nevi Indradjatun

Wakil Ketua      : Lucia Chriswati Ervitarini Carvallo

Sekretaris I      : Rosalia Wisudaningrum

Sekretaris II     : Hieronemus Seno Beruci

Bendahara I     : Alexandria Betty Noviasti Lipuro

Bendahara II    : Brigitta Sugiyanti

Humas I          : Agustinus Budi Eko P

Humas II         : Angelus Iwan Gunawan

Pengurus ini merupakan gabungan dari alumni KPP angkatan I dan angkatan II. Untuk tahun 2019 ini panitia akan fokus pada penyelenggaraan KPP angkatan III yang dimulai tanggal 14 Juni 2019.

Setelah pengurus alumni KPP Paroki Jetis terbentuk, acara dilanjutkan dengan out bound bersama tim dari Melcosh. Sehubungan dengan umur peserta yang variatif bahkan ada yang lebih dari 70 tahun, acara kegiatan out bound berbentuk permainan-permainan ringan, permainan-permainan masa kecil tetapi akan dimaknai secara dewasa.

Bentuk permainannya antara lain kereta api, kata bersambung, perintah benar-salah, hijau-hitam, mobil-mobilan. Permainan kereta api bertujuan untuk mengingatkan peserta akan tujuan bersama, tujuan organisasi akan tercapai dengan saling menopang dan ditopang, semua anggota organisasi mempunyai peran yang sama untuk mencapai tujuan organisasi.

Pada permainan kata bersambung, masing-masing peserta harus membentuk kata berupa nama buah atau nama hewan, masing-masing peserta hanya menyebutkan satu suku kata dan yang lain melanjutkan hingga terbentuk kata yang dimaksudkan. Permainan ini bermakna untuk saling memahami, mengerti apa yang anggota lain maksudkan dan anggota yang lain dapat melengkapi hingga tercapai tujuan yang diharapkan.

Pada permainan benar-salah, peserta harus melakukan sesuai kesepakatan bersama, jika perintahnya benar, semua peserta harus melakukan kegiatan sesuai perintahnya, jika perintahnya salah, semua peserta harus melakukan aksi yang berlawanan dengan perintahnya. Permainan ini membutuhkan konsentrasi agar dapat melakukan aksi sesuai dengan perintahnya. Kesalahan yang dilakukan salah satu anggota kelompok menjadi beban bagi anggota yang lain. Sebaliknya kesuksesan anggota kelompok menjadi kesuksesan bersama dan patut dirayakan.

Pada permainan hitam-hijau, peserta secara berpasangan menjadi si-hitam atau si-hijau yang saling bertanding untuk menepuk tangan pasangannya atau menghindar dari tepukan sesuai perintah. Permainan ini menuntut konsentrasi dan peka terhadap perintah inti.

Permainan mobil-mobilan, peserta jadi satu kelompok besar dan melakukan gerakan-gerakan sesuai perintah sebagaimana penumpang dalam suatu kendaraan. Permainan ini menuntut kebersamaan, keserasian, keselarasan yang akan menjadi bekal bagi suatu organisasi atau kepanitiaan dalam menyelenggarakan kegiatan. Sehingga kegiatan dapat terlaksana secara serasi, selaras, seimbang untuk mencapai tujuan bersama.

Acara penutup dari rangkaian out bound ini adalah perayaan ekaristi. Perayaan ekaristi dipimpin oleh Rm. Yohanes Sigit Heriyanto, Pr yang berkarya di Paroki Babatan dan mendapat tugas tambahan untuk mengelola Melcosh. Di awal homilinya Rm. Sigit mengajak peserta untuk memberi salam kabar hari ini, apa kabar? luar biasa, aku diberkati, kamu diberkati, semua diberkati, cup cup muaaaahh….

Rm. Sigit berpesan yang menyatukan kita sebagai pengikut Kristus adalah KASIH, kalau ada kasih pasti ada sukacita. Dalam hal apapun, dalam kondisi apapun kalau ada kasih pasti ada kebahagiaan. Kenapa kita bertemu kalau kita kangen, itu semua karena kasih. Kita mohon rahmat Tuhan agar dalam hati kita masing-masing dan dalam keluarga besar alumni KPP Jetis ini semakin mampu memiliki kasih dan saling mengasihi dan dapat berbagi kasih kepada sesama. Acara ditutup dengan makan siang. (LJS).

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here