Beranda Berita Terbaru Bakti Sosial Kepedulian Umat Di Tengah Keprihatinan Wabah Virus Covid19

Bakti Sosial Kepedulian Umat Di Tengah Keprihatinan Wabah Virus Covid19

55
0

Vaksin virus covid-19 telah tiba di Indonesia dan saat ini dalam proses memperoleh legalitas dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan semakin banyaknya media yang menayangkan berita tersebut, berdampak pada ekspektasi masyarakat akan berakhirnya pandemi di tahun 2021. Namun pada kenyataannya hingga akhir 2020, pemerintah masih membutuhkan waktu lebih untuk menguji efektivitas vaksin dan mendistribusikannya. Malah di akhir tahun 2020, jumlah kasus virus covid-19 di Indonesia melonjak tajam. Beberapa situs berita bahkan menyatakan bahwa di negara Inggris, virus covid-19 telah bermutasi dalam bentuk baru yang lebih berbahaya. Virus covid-19 versi baru ini lebih mudah berpindah antar manusia, cenderung tanpa gejala dan belum dapat ditangani seperti layaknya virus covid-19 sebelumnya. Kondisi ini memaksa masyarakat untuk memutar otak agar dapat bertahan lebih lama di masa pandemi.

Kegiatan bakti sosial karya tim PSE (Pengembangan Sosial Ekonomi) dan APP (Aksi Puasa Pembangunan) pada hari Senin, 28 Desember 2020 merupakan giat sosial yang dimaksudkan untuk membantu umat paroki yang kesulitan memenuhi kebutuhan pokok makanan. Dalam kegiatan ini, Tim APP dan PSE hanya menjadi perpanjangan tangan umat dari luar paroki asal Cirebon. Donatur memberikan sejumlah uang tunai dan menghendaki uang tersebut diwujudkan dalam bentuk barang untuk nantinya dapat diberikan kepada umat paroki Jetis yang membutuhkan. Setelah berdiskusi dengan Romo paroki, akhirnya tim sepakat untuk membelanjakan uang tersebut menjadi paket sembako sejumlah 80 paket. Paket sembako berisi beras, minyak goreng, mie telor dan susu kental manis. Ditambah satu lembar kain batik/sarung pemberian dari donatur yang sama.

Pada hari Senin, Tim PSE dan APP sudah standby sejak pukul 9.30 untuk mempersiapkan tempat dan peralatan guna pembagian paket sembako. Di hari sebelumnya, para ketua lingkungan telah dimohon untuk memilih empat orang yang akan menerima paket sembako dengan syarat merupakan keluarga yang paling membutuhkan. Kegiatan bakti sosial diawali dengan pengarahan dari Romo Vincentius Suparman, Pr selaku romo paroki. Kemudian penyerahan simbolis paket sembako dari Romo paroki kepada perwakilan ketua lingkungan/umat yang hadir. Selanjutnya tim melayani para ketua lingkungan yang datang untuk mengambil paket sembako hingga jam 12.00 WIB. Ketua lingkungan/wakilnya wajib membubuhkan tanda tangan pada daftar absen dan memberikan konfirmasi apabila paket sembako diberikan kepada orang lain selain yang tertera pada daftar dari tim APP. Ini menjadi salah satu upaya Tim untuk memperbaharui data.

Meski jumlah bantuan sembako terbatas namun para ketua lingkungan mengucapkan terimakasih kepada Gereja terutama kepada donatur. Acara diakhiri pukul 13.00 WIB setelah berfoto bersama dan menghubungi para ketua lingkungan yang belum mengambil paket sembako. Semoga melalui kegiatan ini, semakin banyak orang yang terpanggil untuk berbagi kepada sesama kita yang membutuhkan. God is good!

Lihat Artikel Lain :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here